Resep Ayam Goreng Ungkep Serundeng

Posted on 10 Agustus 2017 in Resep Masakan

bumbubibi.id│ Sebelum membuat sendiri ayam ungkep ini, beberapa kali saya membeli bumbu ayam ungkep di pasar. Akan tetapi dengan alasan kesehatan yaitu ada msg di bumbu pasar dan terkadang ditambahkan pewarna makanan di bumbu jadi tersebut, jadi saya bertekad membuat bumbu sendiri.

 

Sesuai dengan judul, ayam goreng ini sebelumnya diungkep dan ada serundeng dari bumbu dan juga laos yang diparut. Yuk, mari kita kupas resep nya.

Bahan :
Ayam 1 kg(potong sesuai selera, boleh jadi 10-12)
jeruk nipis 1 buah untuk menghilangkan amis ayam

Bumbu :
Bawang putih 6-8 siung(kalau besar-besar cukup 6 siung) – wajib ada
kunyit 1 ruas sekitar 3-4 cm – wajib ada
ketumbar 2 sdm – wajib ada
kemiri 3 – wajib ada
Jahe 2 cm(lebih sedikit dari kunyit) – wajib ada
Laos – semakin banyak semakin enak karena serundeng laos jadi banyak
sere potong miring (kadang pake kadang nggak, optional)
merica bubuk 2 sdt/ merica butir 1 sdt
daun salam dan daun jeruk(optional, kalau lagi ga ada stok di kulkas saya gak pake)
pala ( kata Mama saya jadi lebih sedap, tapi saya gak pernah pakai)

Langkah-langkah :
1. Cuci ayam yang sudah dipotong dengan air. Kalau saya biasanya membuang bagian lemak di bawah kulit atau bagian yang penuh kulit tidak saya ikutkan(biasanya bagian leher saya buang karena banyak kulit). Tujuannya untuk mengurangi lemak yang dimakan. Kalau tidak dibuang juga tidak masalah. Beri perasan air jeruk nipis dan beri sedikit garam(kira-kira 1 sdt). Remas-remas ayam dan biarkan sebentar(Sementara bisa menyiapkan bumbu : mengupas bawang putih, kunyit, laos, jahe, memotong serong sere). Cuci ayam dengan air.
2. Membuat bumbu
Haluskan dengan menggunakan blender : bawang putih, kunyit, ketumbar(terkadang saya ulek terlebih dahulu dengan sedikit garam karena blender susah menghancurkan), kemiri(sebelumnya rajang halus kemiri), jahe, merica, (kalau menggunakan merica bubuk bisa langsung ikut diblender, kalau merica butiran sebelumnya dihaluskan dulu menggunakan ulekan) dan garam 1 sdm. Sebelumnya blend, beri 1 gelas air untuk memblender.
3. Setelah bumbu halus sudah siap, lumuri bumbu pada ayam dan biarkan 10-15 menit agar meresap ke ayam. Sambil menunggu, parut laos dengan menggunakan parutan keju yang lubangya besar-besar agar serundeng yang dihasilkan memanjang.
4. Ungkep ayam beserta bumbu dengan ditambahi air lagi dan juga laos yang sudah diparut dan juga sere ( read : Ungkep itu maksudnya direbus di panci dengan tutup panci ditutup sampai airnya hilang). Hati-hati pada saat air tinggal sedikit kecilkan api dan aduk beberapa kali agar tidak gosong di bawah. Ow ya, saya pernah mengungkep ayam dengan air terlalu sedikit jadinya ayam kurang empuk. Di lain sisi, pernah juga mengungkep ayam sampai akhirnya dagingnya hancur semua :p tapi hasilnya enak juga jadi serundeng ayam. hehehe ) Menurut pengalaman, kalau ukuran panci sedang,tambahkan air sampai 1/3 panci.
5. Setelah selesai diungkep, goreng ayam di wajan dengan minyak banyak sampai kuning kecoklatan. Setelah ayam jadi, bumbu digoreng sampai coklat matang. Nah, dari bumbu yang digoreng itulah jadi serundeng.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *