bumbubibi.id│ Memang banyak pilihan menu untuk berbuka puasa, Jadi hanya beberapa menu buka puasa yang simpel tapi tentu saja sehat dan bagus buat tubuh.

Namun yang jelas, secara umum bahwa menu berbuka puasa itu dibagi 2 yakni menu ringan dan menu berat. Menu ringan biasanya disantap ketika adzan maghrib tiba atau menu pembuka. Menu ringan ini terdiri dari jenis makanan yang ringan-ringan saja yang tidak membutuhkan kerja keras saluran pencernaan, karena saat perut kosong maka hendaklah memakan makanan yang tidak membuat perut kaget. menu berbuka puasa yang simple

Contoh makanan pembuka adalah minuman atau makanan yang manis-manis semisal buah kurma, sirup buah, buah-buahan manis, susu, kolak, bubur kacang dan lain sebagainya. Namun hindari minuman yang bersoda dan sifatnya asam.

Sedangkan menu berat adalah menu makanan seperti biasanya yang dimakan setelah beberapa saat dari menyantap menu pembuka. Memakan menu berat sebaiknya ada jarak dari memakan menu pembuka. Akan lebih baik lagi jika Anda memakan menu berat setelah melaksanakan shalat Isya saja ataupun jika memang sangat lapar, jangan memakan makanan berat sekaligus 1 porsi, tapi makanlah dibagi 2 session. Tujuannya agar perut tidak terlalu keras bekerja, yang kalau perut bekerja keras sekaligus dari waktu istirahanya, bukan malah sehat tapi malah menderita.

Untuk menu berat, sebaiknya makanan tersebut mengandung kalori yang cukup untuk. Kita bisa memperolehnya dari makakan dengan kandungan protein tinggi baik hewani maupun nabati.  Contoh menu berbuka puasa yang simpel adalah goreng ayam, pepes ikan, gulai sapi, sup dan lainnya. Namun sebaiknya hindari makanan sejenis brokoli, kubis, asparagus dan nangka, karena mengandung unsur gas yang kurang baik buat sistem pencernaan dikala perut kosong.

Contoh lainnya adalah sayuran hijau. Selain mudah dicerna, sayuran hijau  memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehingga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.

Biji-bijian dan kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang baik dan juga mudah dicerna dan merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.. Contohnya biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia.

Pilihan unuk karbohidratnya adalah beras merah. Beras merah ini berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.

Oat juga ideal untuk dimakan untuk menu berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *