bumbubibi.id│ Ibadah puasa adalah ibadah wajib yang harus dijalankan oleh semua muslim yang telah baliq. Puasa adalah ibadah dimana umat muslim dipantangkan dari makan dan minum serta perbuatan buruk lain yang dapat membatalkan puasa. Menjaga makan dan minum ini dimulai sejak matahari terbit hingga terbenamnya diwaktu senja. Wajar sekali jika anda yang saat ini menjalani ibadah puasa seringkali merasakan kelaparan.

Tapi itu semua bukan berarti dapat dijadikan sebagai alasan untuk membatalkan puasa yang anda jalani atau bermalas-malasan menjalani rutinitas biasa karena puasa. Untuk itu,  beberapa menu makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat waktu sahur, untuk menjaga agar anda tidak merasa kelaparan dan membuat anda selalu segar selama puasa.

Apel

Selain kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi mencegah anda dari gangguan mulut seperti sariawan, buah apel juga dipenuhi dengan kandungan serat dan air didalamnya. Sehingga mengkonsumsi buah ini sewaktu sahur akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. menu sahur dan buka puasa

Oatmeal

Oatmeal adalah  makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Begitupun saat berpuasa, menu ini amat dianjurkan dikonsumsi sewaktu sahur. Sebab oatmeal mengandung serat yang tinggi yang dapat mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal juga dapat membantu jantung anda agar tetap sehat, sehingga tak heran jika oatmeal dijadikan sebagai menu makanan altermatif untuk mereka yang lebih memilih sarapan yang sehat.

Telur

Konsumsi protein sehat saat makan sahur dapat membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan tidak mudah lesu. Salah satu sumbermakanan yang kaya akan kandungan proteinnya adalah telur. Hadirkan telur saat menyantap makan sahur. Namun, ada baiknya, hindarkan mengolahnya dengan cara digoreng. Dikukus dan direbus adalah cara mengolah yang lebih baik untuk kesehatan anda, sebab lemak berlebih dapat memicu kantuk, terutama saat berpuasa.

Air Putih

Asupan air putih yang cukup dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka dapat berefek baik pada tubuh yang merasa lebih segar sepanjang hari dan menambah energi. Minum air putih dan konsumsi jus tanpa gula amat dianjurkan saat sahur. Sementara konsumsi kopi dan teh manis malah membuat tubuh mengalami kekurangan cairan, karena sifatnya yang diuretik atau merangsang terus buang air kecil.

Cokelat Hitam

Menghadirkan coklat hitam untuk disajikan sebagai menu penutup diwaktu sahur adalah hal yang tidak ada salahnya anda lakukan. Sebab selain cokelat mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama, mengkonsumsi coklat hitam terbukti dapat mengurangi tekanan darah serta melindugi kesehatan otak dan jantung.

Sup

Sup adalah menu yang paling dianjurkan saat waktu sahur, karena kandungan protein dan sayuran didalamnya. Selain itu, mengkonsumsi sup saat sahur dapat membuat perut anda tetap terasa penuh. menu sahur sebulan

Tips : jangan terlalu banyak meminum yang manis-manis, karena pada saat siang hari akan sangat terasa dan cepat dehidrasi.

Itulah dia beberapa menu makanan yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi sewaktu sahur. Dengan menu makan yang berkualitas saat sahur, maka akan menjaga anda tetap segar sepanjang hari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *