Cara Membuat Bumbu Resep Ayam Kecap Spesial

Posted on 5 Agustus 2017 in Resep Masakan

bumbubibi.id│ Tips cara membuat Resep ayam kecap yang lezat selanjutnya adalah proses pemasakannya. Gunakan api kecil sehingga bumbu bumbu nya meresap sampai ke dalam dagingnya.

Simak berikut ini :

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Kecap Spesial

  1. Bahan utama yang digunakan adalah 1 ekor ayam ukuran sedang besar. Gunakan ayam yang masih segar. Kalau memang menggunakan ayam potong, sebaiknya yang benar benar baru dipotong, bukan ayam frozen.
  2. Potong ayam sesuai selera 10-14 potong dan cuci bersih sebelum digunakan. Pastikan tidak ada kotoran dan darah yang masih menempel.
  3. Bawang merah lokal ukuran besar sebanyak 12 pcs. Kupas kulitnya dan potong tipis tipis supaya gampang untuk di tumis nantinya.
  4. Bawang putih ukuran besar sebanyak 2 pcs. Potong kulitnya dan iris tipis tipis untuk bumbu tumisannya.
  5. Kecap manis kental kurang lebih sebanyak 10-11 sendok makan. Gunakan kecap yang berkualitas bagus dan benar benar kental supaya hasilnya lebih lezat.
  6. Kecap Inggris untuk menyedapkan makanan kurang lebih sebanyak 1 sndok makan saja.
  7. Jahe yang sudah dikupas kurang lebih sepanjang 5 cm. Potong dan cincang kecil kecil supaya lebih gampang meresap dan tercampur dengan bumbu yang lain.
  8. Saus sambal pedas kurang lebih sebanyak 1 sendok makan. Apabila teman teman hobi makan pedas, bisa ditambahkan juga beberapa pcs cabe rawit merah.
  9. Saus tomat kualitas baik kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  10. Lada halus atau lada bubuk secukupnya (kurang lebih cuma sebanyak setengah sendok kecil atau sendok teh).
  11. Garam dapur beryodium secukupnya.
  12. Air dari perasan satu jeruk nipis ukuran sedang besar.
  13. Air bersih secukupnya.
  14. Minyak secukupnya untuk menumis bumbu bumbu ayam kecap nya.

Cara Membuat Resep Ayam Bumbu Kecap Lezat

  1. Langkah pertama yang kita kerjakan adalah merebus ayamnya sampai setengah matang.
  2. Setelah potongan daginga ayam dicuci, siram air perasan jeruk nipis ke atas potongan daging ayamnya dan aduk aduk menggunakan tangan supaya tercampur rata.
  3. Beri taburan garam dapur secukupnya (kurang lebih sekitar satu sendok makan). Aduk aduk daging ayam menggunakan tangan supaya garam tercampur rata dan diamkan sebentar (kurang lebih 13-15 menit).
  4. Siapkan panci rebusan dengan api sedang dan beri air secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan masukkan potongan daging ayam diatas. Sesekali diaduk aduk lalu biarkan sampai daging ayam setengah matang terus tiriskan.
  5. Siapkan penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis bumbunya.
  6. Hidupkan dengan api sedang kecil dan masukkan irisan bawang merah dan irisan bawang putihnya. Aduk aduk sampai tercium bau harum tumisannya.
  7. Masukkan jahe yang sudah dicincang diatas dan aduk sebentar bersama bumbu tumisan sebelumnya (masukkan juga irisan cabe rawit apabila diperluka untuk menambah rasa pedasnya).
  8. Masukkan kecap manis dan kecap inggrisnya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  9. Masukkan 2 sendok saus tomat dan sesendok saus sambalnya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  10. Masukkan air bersih sebanyak kurang lebih 300 ml supaya ayam bumbu kecapnya ada kuahnya. Aduk aduk bersama bahan lain supaya tercampur rata.
  11. Masukkan potongan daging ayam setengah matangnya dan aduk aduk bersama dengan bahan yang lain.
  12. Masukkan gula, lada bubuk dan garam secukupnya (kira kira butuh sekitar satu sendok teh). Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  13. Cicipi dulu, tambahkan kecap dan garamnya apabila diperlukan. Aduk aduk kembali sampai airnya mengental dan tinggal sedikit.

Bagaimana menurut teman teman resep ayam bumbu kecap di atas? Ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan bukan. Kalau teman teman tidak terlalu suka daging ayamnya terlalu basah, teman teman bisa juga mengoreng daging ayam nya sebentar aja supaya lebih kering sebelum dimasukkan dan dicampur dengan bumbu yang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *